Kalah Pooling Pilgub Jatim – Pamor Keluarga Soekarno Mulai Luntur

pilkada jatim 2018

Survey lagi..survey lagi kali ini datangnya dari Pilgub Jatim 2018 yang sedang memanas, informasi dari Surveyor Poltracking menunjukkan elektabilitas pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak kini sedang unggul dibanding pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Survei dilakukan yakni pada tanggal 6-11 Maret 2018.

Elektabilitas Khofifah-Emil pada bulan Maret 2018 mencapai 42,4 persen. Sedangkan Saifullah (Gus Ipul)-Puti berada pada angka 35,8 persen, dengan undecided voters sebesar 21,8 persen. Bahkan jika disimulasikan pemilihan tanpa wakilnya Khofifah masih lebih unggul dari Gus Ipul 42,6 persen berbanding dengan 39,6 persen. Adapun ketika simulasi kandidat tunggal yang hanya diikuti calon wakil gubernur, elektabilitas Emil lebih tinggi, yakni 35,2 persen dan Puti 27,7 persen begitu disampaikan Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda saat merilis hasil survei di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Minggu (18/3/2018).

Temen- temen tau kan elektabilitas itu apa ? ya, elektabilitas adalah level dimana seseorang atau figur akan dipilih oleh para pemilih atau voter pada saat pilkada dilangsungkan. Ada lagi istilah Popularitas loh teman-teman. Popularitas adalah level dimana seseorang atau figur dikenal oleh orang banyak yang bisa jadi adalah masyarakat para pemilih pada pilkada nanti. Jadi perbedaannya kalo elektabilitas itu pasti dipilih, kalo popularitas itu dikenal namun belum tentu dipilih.

Apakah ini berarti “pamor” keluarga Soekarno mulai luntur di Jawa Timur ? Kita tunggu saja apakah masyarakat disana masih Soekarnoisme atau mulai pilihi isme-isme lainnya.

Sumber : Kompas.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *